Saturday, October 13, 2012

Sombong Tiada Berguna

Sebelumnya aku masih berfikir bahwa istilah di atas langit masih ada langit hanya sekedar sebuah kiasan saja, namun setelah aku sendiri mengalami berada pada ketinggian tertentu, nampak jelas bahwa memang di atas langit masih ada langit.
Dulupun aku berfikiran bahwa dimata Tuhan semua sama adalah hanya sebuah ungkapan saja, tetapi seperti sebelumnya pada ketinggian tertentu memang semua terlihat sama tak ada bedanya.
Dari sanalah timbul kesadaran bahwa manusia dengan kelebihan yang ada memang tak berguna bila memiliki sifat sombong, karena semewah rumah yang dimiliki, sebanyak apapun kendaraan yang dipunyai, seluas apapun tanah yang dimiliki, dari atas kelihatan sama bahkan hanya sebuah titik kecil.
Dari atas yang nampak jelas adalah sungai, laut, pegunungan yang adalah benar-benar ciptaan Tuhan, sedangkan buatan manusia seperti jalan raya, perumahan, bangunan besar hanya nampak titik saja, disinilah terlihat bahwa, betapa tak berartinya kita jika kita hidup menyombongkan diri.
Apalagi yang kita miliki di dunia ini adalah sementara yang akan usang dimakan waktu atau hilang ditelan bencana, alias tak ada yang abadi, semuanya akan kembali ke asalnya, yang dari batu kembali menjadi batu yang dari tanah kembali menjadi tanah.
Bersyukurlah dan pergunakan pemberian Tuhan dengan sebaik mungkin karena hanya itulah yang bisa kita pertanggungjawabkan kelaka kepada Tuhan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

Tarling Cirebon "JALUK IMBUH"